Tips Membuat Sambal Goreng Lezat

Tips Membuat Sambal Goreng Lezat - Alhamdulillah update lagi kali ini akan berbagi Tips Membuat Sambal Goreng Lezat,

Tips Membuat Sambal Goreng Lezat - Lauk ketupat dan opor yang paling afdol adalah sambal goreng lezat. Bahannya hati ayam atau sapi, ampela ayam, kentang, buncis atau udang. Sambal goreng yang merah cantik dan tak terlalu berminyak pastilah menggugah selera.

Yang disebut sambal goreng lezat adalah olahan dengan sambal yang digoreng atau ditumis bisa dengan atau tanpa santan. Bahan yang diolah tergantung selera. Rasanya yang pedas gurih cocok buat menemani ketupat yang empuk dan opor yang gurih wangi.

Jika ingin membuat sambal goreng lezat yang cantik, tidak terlalu pedas atau mau pedas juag boleh sesuai selera saja, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang dikutip dari detikfood di bawah ini:

Tips Membuat Sambal Goreng Lezat
Tips Membuat Sambal Goreng Lezat

1. Cabai
Cabai merupakan bahan utama sambal goreng ini. Gunakan cabai merah besar yang segar. Buang bijinya dan rebus bersama cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, sedikit terasi dan garam.

2. Hati Ampela atau Udang
Bahan utama sambal goreng bisa berupa hati dan ampela ayan atau udang. Sebaiknya rebus dahulu hati dan ampela ayam hingga lunak dan iris kecil. Jika suka bisa digoreng sebentar. Demikian juga untuk hati sapi. Tujuannya agar aromanya tidak anyir. Untuk udang, pilih udang yang kecil dan goreng kering.

3. Santan
Setelah bumbu halus ditumis bisa ditambahkan air atau santan. Santan akan memberikan rasa lebih gurih tetapi sebaiknya tidak terlalu banyak. Masak bumbu dan bahan hingga berminyak kemerahan. Gunakan api kecil dan aduk sekali-sekali terutama jika memakai santan.

4. Sayuran
Sebagai tambahan isi bisa dipakai kentang yang dipotong kecil, kacang polong beku, petai utuh atau buncis. Masukkan bahan ini bersama hati, ampela atau udang agar bumbu meresap. Jika suka pedas bisa ditambahkan cabai merah atau cabai rawit merah iris yang digoreng kering.

Demikian Tips Membuat Sambal Goreng Lezat semoga bermanfaat buat anda semuanya dan semoga Lebaran Semakin Nikmat dengan adanya Sambal Goreng Lezat.

Related Posts

Tips Membuat Sambal Goreng Lezat
4/ 5
Oleh