Kelebihan dan kekurangan sekolah kedinasan


Sekolah merupakan hal yang sangat penting. Pendidikan yang tinggi nantinya dapat mengantarkan seseorang untuk bisa hidup dengan lebih baik. Sekarang ini, kesadaran seseorang untuk sekolah sangat tinggi. Telah banyak orang yang ingin melanjutkan sekolah setelah menamatkan jenjang sekolah  menengah atas. Hal ini karena keinginan seseorang untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak nantinya. Sekolah kedinasan menjadi banyak incaran banyak orang karena dianggap lebih menjanjikan. Sekolah ini merupakan sekolah yang dimiliki oleh dinas pemerintah. Akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri jika dapat masuk salah satu dari sekolah milik dinas pemerintah ini. Oleh karena itu, banyak orang yang berlomba-lomba untuk dapat masuk salah satu dari sekolah yang menjanjikan ini. 
Apakah kamu tertarik untuk masuk salah satu sekolah kedinasan? Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang sekolah milik dinas pemerintah ini, yuk kita ketahui dahulu apa saja kekurangan dan kelebihan dari sekolah ini.
Kelebihan:
a.    Biaya
Biaya pendidikan di sekolah ini lebih murah jika dibanding dengan pendidikan di kampus umum. Kenapa bisa lebih murah? Ya, karena sebagian besar dari biaya pendidikan disubsidi oleh pemerintah. Bahkan, ada yang biaya operasional sekolahnya ditanggung seluruhnya oleh pemerintah. Sudah pasti kan, anak-anak yang bisa sekolah disini menjadi kebanggaan. Mereka tidak terlalu membebani keluarga untuk membiayai pendidikan mereka. Hanyaa perlu belajar dengan giat, agar bisa lulus dengan prestasi yang bagus.
b.    Prospek kerja yang terjamin
Disamping mendapat biaya pendidikan yang murah, murid juga akan mendapat prospek yang terjamin. Jika murid kampus pada umumnyaa setelah lulus kuliah mereka baru memulai hidup untuk mencari pekerjaan yang pas, bisa dibilang murid sekolah kedinasan tinggal menikmati hidup setelah selesai menjalani pendidikan. Setelah lulus pendidikan, murid sekolah ini tinggal menunggu penempatan. Namun, penempatannya nanti akan sesuai dengan kebutuhan dan nilai akademik yang dicapai. Mereka harus siap untuk ditempatkan dimanapun. Bisa saja mereka akan ditempatkan diluar kota.

Kekurangan:
a.    Harus langsung kerja
Sekolah kedinasan yang ikatan dinas akan mewajibkan muridnya untuk segera bekerja sesuai dengan instansi. Ini berarti kamu tidak akan bisa langsung untuk melanjutkan ke jenjang S2. Biasanya, jika tidak mau langsung bekerja maka diwajibka untuk mengganti uang pendidikan yang dahuluya gratis.
a.    Pilihan karir sangat terbatas
Setelah lulus pendidikan, maka kamu hanya bisa bekerja sesuai dengan jenis sekolah kedinasan yang kamu pilih. Pilihan karir yang sangat terbatas akan memaksa kamu untuk bekerja disana. Jika tidak mau bekerja sesuai dengan ketentuan, maka kamu haris membayar kembali uang pendidikan.
b.    Peraturan ketat
Di sekolah ini peraturannya sangat ketat. hal ini untuk mendisiplinkan murid. banyak murid yang mengeluh karena peraturan yang sangat ketat ini.

Related Posts

Kelebihan dan kekurangan sekolah kedinasan
4/ 5
Oleh