Contoh Karya Ilmiah Pendidikan yang Baik


Karya ilmiah atau sering juga disebut sebagai tulisan ilmiah merupakan suatu karya dari seseorang untuk mengembangkan ilmu pengetahuan atau suatu teknologi. Karya ilmiah dapat dibuat dari kepustakaan, penelitian, kumpulan pengalaman atau pengetahuan orang lain. Karya ilmiah merupakan satu rangkaian kegiatan penulisan yang berdasarkan pada penelitian ilmiah dan ditulis secara sistematis dengan bahasa yang bersifat ilmiah. Ada beberapa hal yang dapat dikaji untuk karya ilmiah, salah satunya pendidikan. Apakah Anda tertarik untuk membuat karya ilmiah tentang pendidikan. Ada beberapa contoh karya ilmiah pendidikan. Dengan membaca banyak contoh, Anda akan dapat pengetahuan yang banyak untyuk membuat karya ilmiah.  Karya ilmiah dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.Karya ilmiah dapat membantu menambah pengetahuan orang lain. Dengan adanya karya ilmiah, seseorang dapat mengetahui sesuatu yang belum dia ketahui sebelumnya. Karya ilmiah juga dapat membuktikan suatu teori.
Sebelum melangkah pada contoh karya ilmiah pendidikan, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tentang langkah untuk membuaat karya tulis ilmiah. Langkah-langkahnya antara lain:
a.    Memilih topik yang akan dikaji untuk karya ilmiah.  Dalam memilih topik, sebaiknya merumuskan tujuan dahulu, kemudian menentukan topik.
b.    Mengidentifikasi pembaca yang nantinya akan membaca karya ilmiah. Hal ini penting untuk memilih kata-kata yang akan dipakai pada karya tulis nanti. Dengan mengetahui pembaca, maka penulis dapat memilih kata yang pas.
c.    Menentukan isi materi. Dalam membuat materi, hendaknya penulis menentukan cakupan materi yang akan dikaji.
d.    Mengumpulkan informasi untuk menulis karya ilmiah. Pengumpulan dapat dilakukan melalui buku, wawancara, atau mencari informasi di media online.
e.    Mulai proses penulisan karya ilmiah berdasarkan pada informasi yang sudah dikumpulkan.
Contoh karya ilmiah pendidikan bisa dengan mudah Anda baca di perpustakaan atau media online. Sekarang ini, karya ilmiah banyak dipublikasikan dalam beberapa media sosial. Karya ilmiah secara garis besar berisi pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Dalam tahap Pra-Penulisan, penulis harus memilih dan membatasi topik. Kemudian penulis merumuskan tujuan dan mempertimbangkan pembaca. Setelah mengumpulkan data, penulis bisa membuat judul, merumuskan tesis, dan menyusun ide karangan dalam bentuk outline. Pada tahap penulisan draft, penulis perlu konsentrasi pada gagasan. Setelah selesai, penulis perlu memperbaiki ide dan berfokus untuk menambah, mengurangi, menghilangi, dan menata isi.  Penulis harus membaca lagi seluruh draft dan merevisi jika ditemukan sesuatu yang kurang pas.
Suatu karya tulis akan menjadi lebih bermanfaat jika bisa dipublikasikann. Untuk mempublikasikan, seharusnya karya tulis sesuai dengan media yang dituju. Dengan mempublikasikan hasil karya Anda, maka Anda dapat memberi Contoh karya ilmiah pendidikan kepada orang lain. Hal ini akan membantu menginspirasi orang lain dalam membuat ide karya ilmiah.

Related Posts

Contoh Karya Ilmiah Pendidikan yang Baik
4/ 5
Oleh