Cara Mendaftar STPI Curug


Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia yang sering disebut dengan STPI Curug merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di Legok Kewedanaan Curug, Tanggerang, Banten. Perguruan tinggi ini berada di bawah naungan Departemen Perhubungan RI. Pada awal berdirinya, STPI bernama Akademi Penerbangan Indonesia. API didirikan di Jakarta pada tahun 1952. Kemudian, nama API diubah menjadi Lembaga Perhubungan Udara pada tahun 1969. Perubahan nama kembali terjadi pada tahun 1978. Nama LPU berganti menjadi Pendidikan Latihan Penerbangan. Setelah itu, namanya diganti lagi menjadi STPI sampai sekarang ini. Perguruan tinggi ini mempunyai harapan untuk selalu bisa meluluskan penerbang yabg bermutu tinggi. Pendidikan dan pelatihan yang diselenggerakan diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang profesional.
STPI Curug merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang mempunyai banyak peminat. Hanya orang-orang pilihan yang dapat merasakan pendidikan di STPI. Seleksinya lumayan susah. Agar dapat lolos, perlu mengandalkan pola pikir yang bagus dn fisik yang kuat. Semua aspek nantinya akan dites satu per satu.
Calon pendaftar harus memenuhi beberapa persyaratan umum. Persyaratan umum itu antara lain: 
a.    WNI dengan umur tidak boleh lebih dari 23 tahun pada bulan Desember 2016.
b.    Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama proses pendidikan.
c.    Sehat jasmani & rohani, bebas narkoba, tidak buta warna, tidak berkaca mata, tidak cacat mata, dan tidak berkawat gigi.
d.    Bagi penerbang, tinggi minimal pria adalah 167 cm dan wanita adalah 165 cm. Sedangkan untuk Non-Penerbang, tinggi badan minimal untuk pria adalah 163 cm dan wanita 1adalah 55 cm.
e.    Bersedia menaati semua peraturan yang diberlakukan oleh STPI Curug selama pendidikan.
Untuk mendaftar, calon peserta bisa mengunjungi website resmi STPI. Kemudian membayar biaya pendaftaran yang telah ditetapkan ke tempat yang telah direkomendasikan. Setelah itu, calon peserta harus melengkapi persyaratan administrasi, diantaranya: Foto copy STTB/Ijazah (1 lembar), Foto copy STK (1 lembar), Foto copy akte kelahiran (1 lembar), Surat Keterangan Catatan Kepolisian, Foto copy surat keterangan belum menikah (1 lembar), dan pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm latar belakang merah (2 lembar).
Di STPI Curug tersedia empat jurusan pendidikan, yaitu keselamatan penerbangan, teknik penerbangan, manajemen penerbangan, dan penerbangan. Setiap jurusan terdiri dari beberapa prodi (program studi).
a.    Jurusan keselamatan penerbangan mempunyai 4 program studi, yaitu: Prodi pemandu lalu lintas udara, Prodi penerangan aeronautika, Prodi penolongan kecelakaan penerbangan & pemadaman kebakaran, dan Prodi komunikasi penerbangan.
b.    Jurusan teknik penerbangan mempunyai 5 program studi, yaitu: Prodi teknik listrik bandar udara, Prodi teknik bangunan & landasan, Prodi teknik telekomunikasi & navigasi udara, Prodi teknik mekanikal bandar udara, dan Prodi teknik pesawat udara.
c.    Jurusan manejemen penerbangan mempunyai 3 program studi, yaitu: Prodi administrasi perhubungan udara, Prodi operasi bandar udara, dan Prodi manejemen perhubungan udara.
d.    Jurusan penerbangan mempunyai tiga program studi, yaitu: Prodi penerbangan sayap putar, Prodi penerbangan sayap tetap, dan Prodi flight operation officer.

Related Posts

Cara Mendaftar STPI Curug
4/ 5
Oleh