Faktor penyebab kenakalan remaja

Faktor penyebab kenakalan remaja 

Pada zaman sekarang ini, banyak tersiar kabar tentang kenakalan remaja. Remaja merupakan suatu masa dimana seseorang mulai mencari jati dirinya. Pada saat ini, seseorang akan merasa ingin diakui oleh lingkungan sekitar. Dia akan mulai mengalami perkembangan psikis dan fisik. Pola pikir yang dimiliknya juga mulai berubah. Lingkungan berperan penting dalam proses perkembangan remaja. Lingkungan inilah yang nantinya akan berpengaruh terhadap pembentukan karakter remaja. Remaja yang tumbuh dalam lingkungan yang baik akan menjadi pribadi yang baik. Namun, ketika dia tumbuh dalam lingkungan yang kurang baik, maka hal itu akan mendorongnya untuk melakukan hal-hal yang melanggar aturan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kenakalan remaja dapat disebab oleh beberapa faktor, diantaranya keluarga, sekolah dan masyarakat.


1.    Keluarga
Keluarga merupakan tempat utama bagi remaja untuk tumbuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa remaja yang tumbuh dalam keluarga yang tidak harmonis akan beresiko mengalami gangguan kepribadian. Kemungkinan remaja akan berperilaku menyimpang lebih besar dibandingkan dengan remaja yang dibesarkan dalam keluarga yang harmonis. Telah banyak contoh juga, remaja yang hidup dalam keluarga yang tidak harmonis akan lebih sering meninggalkan rumah. Mereka akan lebih suka menghabiskan waktu bersama rekan yang sepemikiran. Terkadang mereka akan melakukan beberapa hal yang meresahkan masyarakat untuk sekedar mencari perhatian atau ingin diakui kehebatannya. Ketika remaja hidup dalam keluarga yang harmonis, maka mereka akan merasa nyaman berada dirumah. Mereka akan lebih mudah untuk dikontrol agar tidak terjebak pada pergaulan yang kuraang baik. Keluarga juga berperan penting untuk menanamkan nilai-nilai moral agar remaja dapat menyaring beberapa hal baru. Pada era globalisasi ini, banyak budaya barat yang mulai meracuni para remaja. Budaya yang tidak sesuai dengan budaya negara kita tentunya dapat merusak mental anak bangsa. Oleh karena itu, sebaiknya keluarga memberikan tempat yang hangat bagi para remaja agar dapat membimbing mereka dengan muda.

2.    Sekolah
Kondisi sekolah juga akan memberi pengaruh pada kenakalan remaja. Kondisi yang tidak baik bisa menganggu proses belajar mengajar yang nantinya dapat memberikan peluang untuk berperilaku menyimpang. Guru sebagai pendidik hendaknya memberikan contoh yang baik dan membimbing anak didik dengan sepenuh hati. Semua elemen yang ada di sekolah berperan penting dalam bertanggung jawab pada perilaku anak didik, namun guru yang sangat berperan penting untuk dapat mencegah kenakalan remaja adalah guru agama, PKN dan Bimbingan Konseling.

3.    Kondisi Masyarakat
Kondisi masyarakat tentunya juga akan berpengaruh pada perkembangan remaja. Remaja yang senantiasa berinteraksi dengan masyrakat akan beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Ada beberapa kondisi masyarakat tidak sehat yang dapat memicu timbulnya kenakalan remaja,  diantaranya:  ada tempat hiburan yang buka hingga larut malam, ada peredaran alkohol dan obat-obatan terlarang,  ada banyak pengangguran, ada banyak anak putus sekolah, sering ada tindak kekerasan dan kriminalitas, perumahan kumuhdan adanya kesenjangan sosial.

Related Posts

Faktor penyebab kenakalan remaja
4/ 5
Oleh