Peran media sosial dalam dunia pendidikan remaja


Masa remaja merupakan suatu periode yang identik dengan beberapa perubahan. Pada saat remaja, seseorang akan mulai mengalami perubahan baik dari segi fisik maupun pemikiran. Pada masa remaja, seseorang akan lebih rentan mengalami beberapa masalah. Oleh karena itu, remaja seharusya mendapatkan perhatian khusus dan pemahaman yang baik. Keberhasilan remaja untuk kehidupannya yang akan datang perlu kerja sama yang bagus antara remaja itu sendiri, keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar.

Pendidikan menjadi faktor utama penentu keberhasilan remaja untuk mempersiapkan kehidupan yang lebih layak nantinya. Pendidikan merupakan suatu sarana untuk membentuk kepribadian yang baik. Dalam hal pengetahuan, pendidikan di sekolah memegang peranan yang sangat penting. Agar dapat selaras dengan keinginan remaja, ada kalanya proses pendidikan di sekolah  tidak monoton. Penggunaan media selain buku akan menjadi daya tarik sendiri bagi remaja untuk lebih tertarik dengan pelajaran. Salah satu media yang mulai diterapkan saat ini adalah media sosial. Media sosial merupakan suatu media dengan isi yang diciptakan dan disalurkan melalui suatu interaksi sosial. Suatu aplikasi media sosial mengijinkan penggunanya untuk dapat berinteraksi dan memberi timbal balik dengan pengguna lainnya. Dengan media sosial, pengguna dapat membuat, merubah dan membagikan informasi dalam bermacam-macam bentuk. Selama beberapa tahun terakhir ini, perkembangan media sosial mulai digunakan dalam dunia pendidikan. Penggunaan media sosial untuk pendidikan sebagai media pembelajaran kini mulai dipandang penting.

Menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran juga menunjang teori klasik tentang pembelajaran sosial yang menyatakan bahwa proses belajar sosial berpusat pada bagaimana seseorang belajar dengan cara orang lain sebagai subjek belajar. Sebagai contoh, orang dapat belajar membuat nasi goreng dengan cara melihat video orang lain yang sedang membuat nasi goreng.

Saat ini, media sosial menjadi sarana umum yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya media sosial, penyebaran informasi di kalangan remaja sangatlah cepat. Remaja di Indonesia terbilang sangat cepat beradaptasi dengan perkebangan teknologi saat ini. hampir di beberapa tempat, remaja saat ini menggunakan perangkat digital untuk dapat membantu beberapa aktivitas mereka. Sebuah riset menyatakan bahwa sekitar 98% remaja telah mengetahui tentang internet dan 79,5% adalah pengguna internet.

Komunikasi dalam media sosial yang terjalin dengan baik akan menciptakan lingkungan belajar yang baru. Peran guru pun akan berubah secara perlahan. Jika pada awalnya guru merupakan sumber pemberi materi, maka akan berubah menjadi fasilitator. Peserta didik tidak hanya mendapat ilmu dan informasi dari guru saja. Mereka dapat memperoleh ilmu dari berbagai sumber. Namun, alangkah baiknya jika setiap remaja yang terdorong untuk memakai media sosial sebagai media belajar perlu mempunyai pemikiran yang kritis dan dapat menyaring informasi yang akan mereka peroleh dari internet dan media sosial.

Related Posts

Peran media sosial dalam dunia pendidikan remaja
4/ 5
Oleh