Keindahan Kata Senja


Apakah yang kamu pikirkan ketika mendengar kata senja? Apakah terbayang suatu keadaan yang setengah gelap ketika matahari sudah mulai terbenam? Ya, seperti itulah gambarannya. Saat itu, matahari mulai hilang dari cakrawala namun cahayanya masih bisa dilihat di langit hingga waktu malam datang. Cahaya yang dipancarkan saat itu sangat indah. Pemandangan langit akan menjadi ke merah-merahan dengan cahaya yang menenangkan. Banyak orang yang senang untuk menikmati saat-saat itu. Saat itu menunjukkan betapa agungnya kekuasaan Tuhan. Untuk menikmatinya, tak jarang orang melihatnya dari pinggir pantai atau jembatan. Benar-benar suatu fenomena yag membuat kita sadar betapa kecilnya kita dihadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. 
Senja dibagi menjadi 3 bagian, yaitu sipil, nautikal dan astronomis. Pada saat sipil, matahari sedang berada 6º dibawah cakrawala. Saat itu, beberapa planet dan bintang dapat terlihat indah dengan mata telanjang. Saat nautikal, matahari berada pada ketinggian 12º dibawah cakrawala. Pada saat ini, cakrawala sudah tidak dapat dilihat lagi dengan mata telanjang. Ketika astronomis, ketinggian matahari berada 18º dibawah cakrawala. Pada waktu ini, matahari sudah tidak menerangi langit lagi.
 Kata senja sering digunakan sebagai judul suatu cerita. Bahkan, ada juga judul film yang menggunakan kata tersebut. hal ini karena saat itu, suasana menjadi begitu indah dan ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang menambah kehangatan suasana yang ada.  Suasana yang amat nyaman untuk santai bersama orang-orang terkasih. Saat ini merupakan saat yang tepat untuk melepas segala penat akibat masalah atau rutinitas yang padat seharian. Bagi orang yang begitu sibuk, saat ini merupakan waktu yang sangat berarti.
Jika kamu terlalu sibuk dengan banyaknya kegiatan, kamu bisa menikmati indahnya senja melalui puisi atau kata mutiara. Ada banyak sekali puisi dan kata mutiara yang kamu jumpai. Dengan indahnya kata dalam puisi, kamu juga bisa membahagiakan orang-orang yang kamu sayangi. Kamu dapat mengirimkan kata-kata indah kepada mereka. Kesyahduan kala senja dapat membuai dan menarik mereka dalam suatu keadaan yang menenangkan. Jika kamu masih bersekolah, terkadang guru memberi tugas untuk membuat puisi kan? Kamu bisa mencoba untuk memilih topik ini. Dengan pemilihan kata yang bagus, kamu dapat menghipnotis pembacanya dan mengingatkan akan besarnya karunia Tuhan terhadap alam semesta. Berikut ini contoh puisi yang mungkin akan menginspirasimu.
Senja
Saat matahari perlahan redup, awan kemerahan akan berkuasa di langit
Kala itu sepoi angin membelai jiwa penuh kehangatan
Menciptakan ketenangan hilangkan kepenatan
Mendatangkan kenyamanan menghapus kegelisahan
Indahnya suasana ini seindah Tuhan menciptakanmu untukku
Kedatanganmu selalu hadirkan kebahagiaan disetiap waktuku
Lirih lembut suaramu selalu membuatku semakin menyayangimu
Kuingin kau selalu bersamaku, seperti senja yang tak kan meninggalkanku

Related Posts

Keindahan Kata Senja
4/ 5
Oleh