Selain pengenalan pada sistem pendidikan, para remaja juga memiliki teman yang semakin luas. Mereka juga akan mengenal banyak remaja lain dengan latar belakang yang berbeda-beda. Dapat disimpulkan, remaja mempunyai tiga lingkungan pendidikan dengan karakteristik dan pola yang berbeda-beda. Lingkungan tersebut adalah lingkungan kehidupan keluarga, masyarakat, dan sekolah yang diikutinya. Hal ini berarti remaja berada dalam lingkungan pendidikan yang majemuk. Para remaja harus mampu mengatasi masalah keanekaragaman dan menempatkan diri dengan tepat.
Lingkungan pertama dan utama bagi remaja adalah keluarga. Pada dasarnya, lingkungan keluarga lebih mengutamakan aspek moral (pembentukan kepribadian) daripada menguasai ilmu pengetahuan. Tujuan penyelenggaraan pendidikan dalam keluarga bersifat individu sesuai dengan pandangan masing-masing keluarga. Ada keluarga yang lebih menekankan pendidikan agama agar anaknya menjadi orang yang shaleh. Ada pula keluarga yang menekankan pendidikan sosial ekonomi agar anaknya menjadi orang yang bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat.
1. Lingkungan Pendidikan dalam Keluarga
Lingkungan pertama dan utama bagi remaja adalah keluarga. Pada dasarnya, lingkungan keluarga lebih mengutamakan aspek moral (pembentukan kepribadian) daripada menguasai ilmu pengetahuan. Tujuan penyelenggaraan pendidikan dalam keluarga bersifat individu sesuai dengan pandangan masing-masing keluarga. Ada keluarga yang lebih menekankan pendidikan agama agar anaknya menjadi orang yang shaleh. Ada pula keluarga yang menekankan pendidikan sosial ekonomi agar anaknya menjadi orang yang bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat. 2. Lingkungan Pendidikan di Masyarakat
Masyarakat merupakan lingkungan kedua bagi remaja. Remaja telah mengenal banyak karakteristik masyarakat. Kondisi masyarakat sangat beragam. Ada banyak hal yang harus diikuti oleh anggota masyarakat. Remaja perlu memahami hal itu. Perbedaan pandangan dapat mendorong para remaja untuk melanggar norma masyarakat yang sedang berlaku. Kadang remaja melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan aturan. Dalam fungsi pendidikan, masyarakat sebaiknya membentuk kelompok-kelompok atau paguyuban-paguyuban yang disediakan untuk remaja. Namun, masyarakat juga perlu memahami perkembangan zaman, sehingga dapat memilih kegiatan yang pas bagi para remaja jaman sekarang.3. Lingkungan Pendidikan di Sekolah
Sekolah merupakan lingkungan yang diciptakan untuk membina anak-anak ke arah yang dituju. Pendidikan yang ada di sekolah lebih mengutamakan pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal masa depan kelak. Namun, pendidikan di sekolah juga mengajarkan pendidikan moral agar remaja mempunyai akhlak yang mulia. Bagi remaja, sekolah merupakan hal yang mempunyai pengaruh pada nasib mereka di waktu yang akan datang. Kegagalan sekolah bagi remaja bisa dipandang sebagai awal kegagalan karirnya.
Karakteristik Lingkungan Pendidikan Usia Remaja
4/
5
Oleh
Unknown