Bagaimana pendidikan yang baik untuk remaja?

Banyak orang berkata bahwa masa remaja merupakan masa yang indah. Tentu saja, karena masa remaja merupakan masa transisi dari anak-anak yang nantinya akan menjadi dewasa. Pada masa ini, akan terjadi banyak hal mengesankan untuk mulai mencari jati diri. Remaja biasanya mulai suka menyatakan perasaannya, menuntut untuk mendapat kesempatan mengemukakan pendapatnya, dan bahkan hingga memberontak karena dia merasa sudah bukan anak-anak lagi. Kadang remaja merasa gelisah dan tidak tenang saat merasa kedewasaanya belum diakui oleh lingkungannya. Dia juga akan menjadi sangat peka dan sensitif. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting untuk dapat membentuk karakter yang baik pada remaja. Dengan adanya pendidikan yang baik, maka akan membentuk karakter remaja yang baik. yang meliputi tatanan norma,  nilai, etika dan adat yang berlaku di masyarakat. 


Keberhasilan proses belajar akan dipengaruhi oleh kebutuhan dan minat individu. Salah satu faktor penting yang dapat berpengaruh terhadap minat belajar remaja adalah cita-cita. Remaja mulai sadar bahwa untuk dapat mencapai cita-cita yang diinginkannya, dia membutuhkan pengetahuan dan keterampilan. Hal ini akan menuntun remaja untuk menentukan jenis pendidikan yang nantinya akan dia ikuti. Saat penjurusan dalam jenjang SLTA, sebaiknya dipilih sesuai dengan bakat dan minat mereka. Ada beberapa anak yang diperintah untuk memilih jurusan seperti yang orang tua mereka inginkan. Ini sebenarnya bukan hal yang tepat, karena belum tentu pilihan orang tua sesuai dengan kebutuhan dan minat anak. Ada baiknya, dalam pemilihan penjurusan anak diberi wawasan dan dibiarkan untuk memilih.

Pendidikan dalam keluarga dan masyarakat juga pentng bagi remaja. Pada masa perkembangan ini, remaja cenderung tertarik pada kelompok sebaya dan mencari perhatian masyarakat. Ada kalanya mereka akan melakukan hal yang tidak sesuai dengan aturan. Remaja merupakan aset bangsa. Ketika ada beberapa remaja yang suka membuat onar, maka hendaklah didekati dengan baik-baik dan diberi pengarahan. Kehidupan remaja sangatlah kompleks. Mereka selalu ingin mencoba berbagai hal yang ada disekitarnya, baik dalam bidang intelektual maupun bidang pergaulan. Para remaja cenderung ingin melakukan beberapa hal baru yang mereka anggap sebagai hal yang menyenangkan dan membuat dirinya lebih keren. Mereka masih mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang terbatas, sehingga membutuhkan suatu pengarahan agar mereka dapat membuat hidupnya menjadi lebih baik kelak.

Pertumbuhan fisik dan psikis yang dialami para remaja biasanya berubah dengan sangat pesat. Emosi yang dimiliki juga cenderung meluap-luap. Sebaiknya, jangan menggunakan kata kasar untuk membimbing remaja. Biasanya remaja sudah tidak ingin dianggap seperti anak kecil lagi. Jadi, alangkah baiknya jika membiarkanya mandiri namun tetap dalam pengawasan. Sebagai orang tua, tentu memiliki kekhawatiran yang tinggi, sehingga over protektif terhadap anak. Hal ini yang kadang membuat remaja membangkang secara diam-diam. Bersikap terbuka, tidak kaku dan menganggap anak remaja sebagai teman akan lebih mudah untuk mengetahui yang mereka lakukan.

Related Posts

Bagaimana pendidikan yang baik untuk remaja?
4/ 5
Oleh