Macam-macam olahraga peninggi badan


Mempunyai tubuh yang ideal merupakan impian kebanyakan orang. Namun, tidak semua orang tercipta dengan tubuh sempurna dan tinggi badan yang sesuai dengan keinginan. Apakah kamu salah satu dari mereka yang mempunyai maasalah tinggi badan? Masalah tinggi badan memang kadag membuat orang menjadi kurang percaya diri. Masalah tinggi badan juga dapat menghambat keinginan untuk mencapai cita-cita, seperti:  pramugari, TNI, kepolisian, model, dan lain sebagainya. Kamu tidak perlu khawatir jika mempunyai masalah tinggi badan. Ada beberapa olahraga peninggi badan yang bisa dicoba untuk mendapatkan tinggi yaang diinginkan. Pada kesempatan kali ini, sayan akan menyampaikan beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk menambah tinggi badan. namun sebelumnya, mari kita ketahui terlebih dahulu beberapa hal yang dapat mempengaruhi tinggi badan.
a.    Faktor genetik (keturunan)
Faktor genetik merupakan faktor utama yang menyebabkan masalah tinggi badan. Kadang, tinggi badan seseorang bisa diprediksi berdasarkan keturunan.
b.    Asupan nutrisi yang kurang cukup
Jika asupan nutrisi kurang, tubuh bisa mengalami kekurangan kalsium.  Hal ini bisa mempengaruhi pertumbuhan seseorang. Protein dan kalsium adalah nutrisi yang baik mempercepat pertumbuhan tulang.
c.    Kurang berolahraga
Seseorang yang rajin berolahraga tentunya akan memiliki seseorang bisa tubuh sehat dan bugar dengan tinggi badan yang ideal.
Beberapa jenis olahraga peninggi badan, antara lain:
1.    Berenang
Berenang merupakan olahraga yang sangat efektif dan baik untuk menambah tinggi badan. Dengan berenang, seseorang dapat menggerakan seluruh otot yang ada pada tubuh dengan teratur. Untuk mendapat hasil yang maksimal, lakukan olahraga ini minimal 2x dalam seminggu secara teratur.
2.    Lari
Lari merupakan olahraga yang dapat merangsang pertumbuhan tulang, terutama jika rutin dilakukan pada waktu masa pertumbuhan. Untuk melakukannya, cukup dengan secara rutin lari pagi minimal 30 menit per hari. Bagi orang dewasa, sebaiknya ditambah dengan suplemen peninggi badan.
3.    Basket
Basket juga sangat baik untuk dilakukan jika ingin menambah tinggi badan. Olahraga peninggi badan ini sering melakukan gerakan melompat yang dapat merangsang pertumbuhan tulang. Gerakan melompat juga berguna untuk kekuatan tulang.
4.    Badminton
Selain baik untuk menambah tinggi badan, badminton juga merupakan olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan. Badminton dapat membentuk otot tubuh dan membantu merangsang tulang untuk tumbuh.
5.    Lompat tali
Lompat tali merupakan olahraga peninggi badan yang tidak sulit untuk dilakukan. Lompat tali bahkan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Olahraga ini jika dilakukan secara teratur dan rutin dapat membentuk otot kaki dan membantu meninggikan tubuh.
6.    Latihan menggantung
Olahraga ini cukup sederhana tetapi efektif juga untuk menambah tinggi badan. Caranya:
a.    Pegang tiang yang membentang dan gantungkan tubuh. 
b.    Angkat kaki (kedua-duanya) lurus kedepan dan tahan selama beberapa detik
c.    kembali ke posisi semula.

Related Posts

Macam-macam olahraga peninggi badan
4/ 5
Oleh