Membuat karya tulis ilmiah tentang pendidikan yang baik dan benar


Karya tulis merupakan suatu karya berbentuk karangan yang mengungkapkan pikiran, ide dan perasaan dari penulis dalam suatu kesatuan tema. Karya tulis ada beberapa macam. Yang dapat digolongan sebagai karya tulis ilmiah adalah karangan yang didasarkan pada suatu kegiatan ilmiah. Kegiatan ilmiah dapat berupa percobaan laboratorium, penelitian lapangan atau telaah buku. Belakangan ini, banyak orang yang membuat karya tulis ilmiah tentang pendidikan. Karya tulis ilmiah yang baik akan bermanfaat bagi siri sendiri dan juga orang lain. Apakah Anda juga tertarik untuk membuat karya tulis ilmiah? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat karya tulis ilmiah. Beberapa ulasan berikut ini akan membantu Anda untuk membuat karya tulis ilmiah dengan baik dan  benar.

Karya tulis ilmiah mempunyai unsur-unsur didalamnya. Suatu tulisan bisa disebut karya tulis ilmiah jika mengandung unsur-unsur dibawah ini:

1.      Berdasarkan fakta dan data. Hal yang dikaji harus suatu fakta yang nantinya dibuktikan dengan adanya data.

2.      Disajikan secara apa adanya (objektif)

3.      Menggunakan bahasa yang baku dan jelas

4.      Menggunakan sistematika yang ilmiah

Langkah yang dilakukan untuk membuat karya tulis ilmiah tentang pendidikan, antara lain:
  1. Menentukan topik. Topik merupakan hal terpenting pertama yang harus ditentukan. Topik yang dipilih nantinya yang akan dibahas dalam karangan. Ada beberapa topik yang yang bisa dipilih untuk tema pendidikan. Usahakan untuk memilih bahan yang sesuai fakta.
  2. Menentukan pembahasan. Ini merupakan hal penting untuk membuat isi karangan. Pembahasan berdasarkan pada masalah yang dikaji. Bagian ini merupakan inti dari karangan.
  3. Mengumpulkan data. Data sangat penting untuk karya tulis ilmiah. Data akan membantu untuk mendukung pemikiran penulis. 
  4. Membuat kerangka. Pembuatan kerangka tulisan akan membantu penulis untuk mengembangkan karangan. Hal ini akan mempermudah penulis untuk membuat karangan
  5. Menyusun kerangka menjadi karangan yang lengkap.
Suatu karya tulis ilmiah mempunyai sistematika penulisan. Adapun sistematika penulisan karya tulis ilmiah yaitu:
  •  Pendahuluan
  • Permasalahan
  • Pembahasan
  • Penutup: kesimpulan dan saran
  • Daftar pustaka
Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan, diantaranya:
  1. 1.      Menentukan objek yang dikaji. Ini adalah hal penting yang akan menjadi inti karangan. Masalah yang akan dibahas nantinya akan berpusat pada objek kajian. Ada banyak objek yang bisa dikaji untuk karya tulis ilmiah tentang pendidikan. Sebagai contoh, sistem pembelajaran, karakteristik peserta didik, dll.
  2. Sumber informasi. Mengumpulkan sumber bacaan baik berupa teori maupun informasi sangat penting untuk mendukung ide yang ingin disampaikan.
  3.  Mengulas permasalahan dengan suatu analisis kemudian menarik kesimpulan. 
  4. Menulis semua sumber bacaan pada daftar pustaka. Penulis harus mengungkapkan sumber informasi dengan jelas, baik berupa pendapat, kutipan atau teori.  Sumber informasi bisa ditulis langsung setelah kutipan atau pada daftar pustaka. Daftar pustaka memuat semua sumber informasi yang digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah tentang pendidikan.. Penulis harus menulis sumber sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Related Posts

Membuat karya tulis ilmiah tentang pendidikan yang baik dan benar
4/ 5
Oleh