Dampak geng motor dan pencegahan tindak anarki


Perkembangan teknologi sekarang ini membawa dampak yang sangat besar tehadap masyarakat di Indonesia. Kehidupan pelajar mulai terpengaruh oleh kebudayaan yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Para pelajar mulai sering mencoba hal baru yang modern yang bahkan tidak sesuai dengan budaya yang ada di Indonesia. Salah satu perubahan yang ada di kalangan pelajar jaman sekarang adalah adanya geng motor. Geng ini biasanya identik dengan melakukan balap liar dan kebut-kebutan untuk bersenang-senang. Terkadang, mereka juga melakukan hal yang dapat meresahkan masyarakt, hingga bertindak kriminal. Namun, tidak semua geng motor mengarah pada hal yang negatif.

Bagi pelajar, geng motor mempunyai dampak positif dan negatif.
1.    Dampak positif
Geng motor dapat menambah teman untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, khususnya pada bidang otomotif. Seseorang akan menjadi lebih tahu dengan bertukar pengetahuan yang ada. Berkumpul dengan geng juga ampuh sebagai cara untuk menghilangkan kejenuhan terhadap persoalan internal yang sedang dihadapi. Ketika sudah bersama, maka yang ada adalah canda tawa bersama. Biasnaya, geng mempunyai kekompakan yang snagat bagus. Jika terjadi suatu masalah pada seorang anggota, maka anggota yang lain akan ikut membantu. Sebuah genng bisa disebut sebagai sebuah keluarga baru yang sangat solid.
2.    Dampak negatif
Ketika geng motor tidak dapat mengontrol emosi, maka dapat menimbulkan pertikaian. Tak jarang juga beberapa geng motor yang gemar melakukan tindak anarki semata untuk menunjukkan rasa hebat mereka.


Geng motor yang dibentuk sebaiknya untuk kegiatan yang positif. Untuk mencegah maraknya geng motor yang melakukan tindak anarki, keluarga memegang peranan yang sangat penting. Fungsi kontrol sosial oleh keluarga harus mulai diperkuat lagi. Anak boleh diberi kebebasan, namun tetap bertanggung jawab. Kebebasan yag diberikan haruslah dibatasi. Menunjukkan kasih sayang kepada anak bukan berarti memenuhi segala keinginan dan permintaan anak. Dalam memberikan fasilitas kepada anak, harus diiringi dengan adanya kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan. hal ini dilakukan untuk membuat anak lebih bertanggung jawab. Biasa menerapkan imbalan & hukuman, jam malam, dan jam khusus belajar dapat membantu mendisiplinkan anak.
Sekolah juga ikut bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap anak. Peranan sekolah tidaklah hanya meluluskan siswa dengan nilai yang bagus, tetapi juga membentuk karakter anak yang baik. Anak hendaknya diarahkan pada kegiatan yang positif. Jika terdapat murid yang melakukan hal tidak sesuai aturan, sekolah hendaknya memberi sanksi yang tegas dan melakukan bimbingan konseling. Anak membutuhkan bimbingan untuk dapat lebih berfikir jernih.
Adanya tindakan tegas dari aparat kepolisian juga diharapkan dapat meminimalisir tindak kekerasan yang dilakukan oleh geng motor. Geng motor yang meresahkan masyarakat harus ditindak tegas agar dapat memberi efek jera.

Related Posts

Dampak geng motor dan pencegahan tindak anarki
4/ 5
Oleh