Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan


Pidato merupakan pengungkapan dari suatu pemikiran seseorang melalui kata-kata yang ditujukan pada orang banyak. Berpidato sering dilakukan dalam acara-acara tertentu di kehidupan sehari-hari. Salah satu tujuan dari berpidato yaitu meyakinkan pendengar mengenai isi dari pidato yang disampaikan. da beberapa macam pidato, salah satunya teks pidato tentang pendidikan. Agar dalam berpidato dapat berjalan dengan lancar dan urut, maka sebelumnya perlu menyiapkan naskah pidato. Secara umum, naskah pidato terdiri dari 3 bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup.
Untuk membuat teks pidato dengan baik dan benar, maka harus memperhatikan acuan yang ada. Dibawah ini struktur teks pidato sebagai acuan untuk mem buat teks pidato.

1.    Pembuka
Pembukaan dalam teks pidato berisi beberapa point penting diantaranya:
a.    Salam pembuka
Ada beberapa contoh salam pembuka, antara lain: Assalammualaikum warahmatullaahi wa barakatuh dan salam sejahtera bagi kita semua.
b.    ucapan penghormatan
Biasanya, salam penghormatan dimulai untuk orang yang dianggap terpenting. Untuk contoh teks pidato tentang pendidikan, urutannya dapat dimulai dari Kepala Sekolah, Bapak.Ibu Guru, tamu undangan, dan teman.
c.    Ucapan syukur
Ucapan syukur berisi ucap syukur pada Tuhan atas karunia dan rahmat yang telah dilimpahkan untuk kita semua.
contoh:
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan rahmatNya pada kita semua sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan yang berbahagia ini dengan sehat. Sehat merupakan nikmat yang sangat besar yang kita dapatkan.
2.    Isi
Isi merupakan inti dari pidato. Pada bagian ini, pembicara menguraikan materi yang ingin disampaikan secara rinci. Biasanya, ada beberapa hal yangdijabarkan. Oleh karena itu, untuk mempermudah pemahaman pendengar, sebaiknya diberi penanda pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. 
contoh isi teks pidato tentang pendidikan:
Pada kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan pidato mengenai pentingnya pendidikan. Saya akan membahas mengenai manfaat pendidikan. Pertama, adanya pendidikan yang bagus dan tinggi membuat kita bisa meraih cita-cita setinggi langit. Pendidikan dapat mengantarkan kita untuk dapat memilih pekerjaan yang kita inginkan. Kedua, dengan pendidikan kita dapat memperbaiki kondisi ekonomi keluarga dan membangun Negara yang berkembang menjadi maju. Di jaman sekarang ini kita dituntut untuk terus menggali ilmu
pengetahuan agar tidak tertinggal dari negara lain.
3.    Penutup
Penutup yang baik berisi simpulan pendek dari uraian, permintaan maaf dari kesalahan yag mungkin terjadi, dan salam penutup.
Contoh penutup teks pidato tentang pendidikan:
Hadirin sekalian, pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan kita. Jadi, mari kita bersemangat untuk menuntut ilmu. Demikian pidato yang saya sampaikan. Apabila ada kata yang salah, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Related Posts

Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan
4/ 5
Oleh